-->

✓ Cara cek saldo dan masa aktif BPJS ketenagakerjaan

Bagaimana cara cek saldo dan masa aktif BPJS ketenagakerjaan?

Sebetulnya ada 3 cara mengetahui saldo dan masa aktif BPJS ketenagakerjaan, yaitu melalui website, aplikasi BPJS, SMS Dan yang terakhir datang langsung ke kantor BPJS cabang terdekat.namun kali ini hanya akan membahas yang sesuai judul, karena kalau di jelaskan semuanya nanti akan terlalu panjang.


Biasanya orang yang ingin cek saldo BPJS ketenagakerjaan yg sebelumnya bernama Jamsostek ini adalah orang yang sudah lama menjadi peserta BPJS, atau juga orang yang baru saja keluar dari pekerjaannya di karenakan Risen atau habis kontrak dan tidak diperpanjang lagi dan ingin mencairkan uang BPJS ketenagakerjaan tersebut.

Karena syarat untuk mencairkan BPJS adalah sudah tidak aktif lagi bekerja selama satu bulan,sedangkan untuk yang masih aktif bekerja harus menunggu hingga masa kerja 10 tahun baru bisa mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan itu tidak bisa semuanya.


Nah langsung saja inilah cara cek saldo atau masa aktif BPJS ketenagakerjaan terbaru 2019.


Jika di tahun-tahun sebelumnya ada cara cek saldo lewat SMS yaitu ke nomor 08111009696,ternyata sekarang nomor tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Sekarang Sudah berganti nomor yang baru yaitu 2757.

Layanan SMS 2757 juga bisa digunakan untuk cek status kepesertaan, mengganti nomor telepon yang sebelumnya sudah didaftarkan, layanan ganti PIN, dan juga untuk melihat jumlah saldo JHT seperti yang kita bahas kali ini.


untuk bisa menikmati fasilitas cek saldo via SMS tersebut, kita wajib registrasi/mendaftarkan nomor handphone kita terlebih dahulu. Cara pendaftaran juga cukup mudah. Pertama siapkan kartu tanda penduduk atau KTP untuk nanti diambil NIK-nya,

Yang kedua tentu saja adalah Kartu Peserta Jamsostek atau KPJ yang disebut juga kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan untuk nanti juga diambil nomor kepesertaannya. Dan yang kedua ponsel dengan pulsa secukupnya. Karena layanan ini tidak gratis. Dalam sekali SMS akan dikenakan tarif Rp. 165.


Untuk sementara ini operator yang mendukung layanan cek saldo JHT via SMS ini hanya untuk peserta yang menggunakan kartu SIM Telkomsel (Simpati, Kartu As), Indosat (IM3) dan XL Axiata.


Berikut ini format SMS pendaftarannya:


DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

contoh format SMS via halomoney.com

Kemudian kirim ke 2757.


Jangan lupa menggunakan huruf besar kecuali alamat email(jika ada).


Contoh:


DAFTAR SALDO#1401073010890002#ARIELNOAH#30-10-1989#11025697118001#Arielnoah@gmail.com


Kirim ke 2757


Setelah itu tunggu sampai ada balasan pesan dari 2757 apakah pendaftaran anda berhasil atau tidak,jika berhasil langsung bisa untuk cek saldo namun jika gagal coba ulangi lagi siapa ada kesalahan nomor nik atau yang lainnya.


Jika pendaftaran sudah berhasil anda bisa cek saldo maupun masa aktif Dengan cara kirim SMS ke nomor yang sama yaitu 2757.


Cara kirim SMS pengecekan saldo JHT berformat seperti ini:


SALDO Spasi NO_PESERTA


Lalu kirim ke 2757


Contoh:


SALDO 1104567118001


Kirim ke 2757


Jika berhasil Nanti Anda akan menerima balasan berupa informasi nilai saldo Jamsostek, tanggal terakhir iuran, dan posisi terakhir saldo. namun jika tidak berhasil silahkan ulangi lagi karena mungkin ada kesalahan maupun gangguan sistem.

Mungkin itulah penjelasan tentang cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat SMS, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon dimaklumi.terima kasih

0 Response to "✓ Cara cek saldo dan masa aktif BPJS ketenagakerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel