-->

√ CARA MENCAIRKAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN DI BANK BJB


Pencairan dana BPJS ketenagakerjaan atau Jamsostek ternyata lebih mudah di lakukan di bank yang bekerjasama dengan pihak BPJS,pengalaman inilah yang pernah admin alami beberapa waktu yang lalu.
Awalnya saya mengajukan e-klaim lewat online di situs resminya BPJS ketenagakerjaan karena aplikasi BPJSTKU for Android sedang eror dan tidak bisa digunakan untuk melakukan e-klaim.
Selang 2 hari setelah mengirimkan e-klaim saya mendapatkan balasan email dari BPJS ketenagakerjaan tentang status e-klaim yang saya ajukan,ternyata setelah di buka Email tersebut pengajuan e-klaim yang saya kirim ditolak dengan alasan permintaan pengajuan BPJS ketenagakerjaan sedang meningkat drastis alias penuh.

Di email tersebut saya di berikan 2 pilihan alternatif agar bisa secepatnya mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan.
Pilihan yang pertama adalah saya di sarankan untuk Mendaftar nomor antrian online di situs  :/https/antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/  agar bisa mendapatkan nomor antrian dan bisa langsung mendatangi kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat untuk melakukan pencairan secara langsung,namun beberapa kali mencoba bahkan hasilnya tetap saja nihil,alasanya selalu sama yaitu nomor antrian telah habis dan saya di minta untuk mencari kantor cabang BPJS yang lain.padahal sesuai arahan teman saya sudah mencoba mengakses jam 00 agar supaya bisa mendapatkan nomor antrian namun tetap saja tidak berhasil.



Alternatif Pilihan yang kedua adalah dengan melakukan pencairan di bank yang bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan,dalam Email tersebut saya diminta untuk melakukan pencairan dana Jamsostek di bank BJB cabang Bekasi.
Awalnya saya bingung apakah benar bisa mencairkan dana BPJS di bank mengingat saya baru mendengar pencairan dana BPJS lewat bank.
Belum lagi takutnya saya sudah jauh-jauh ke bank belum lagi ngantri ternyata tidak bisa,kan malu,hehe
Karena penasaran akhirnya saya menghubungi laman resmi Facebook BPJS ketenagakerjaan untuk menanyakan pertanyaan yang mengganjal di pikiranku dan ternyata jawabannya bisa dengan catatan kita harus membuka tabungan sesuai Bank tempat kita mengajukan klaim untuk pencairan dana BPJS ketenagakerjaan.
Jadi semisal kita bukan nasabah Bank BJB maka kita harus membuka ATM rekening  bank BJB terlebih dahulu karena nanti di pakai untuk menerima uang hasil dari pencairan Jamsostek.

Melihat jawaban itu,akhirnya saya menjadi semakin yakin untuk mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan lewat bank BJB.
Singkat cerita akhirnya saya datang ke kantor cabang bank BJB daerah Bekasi Dengan membawa persyaratan wajib untuk pencairan BPJS ketenagakerjaan seperti:
  • KTP+ fotocopy
  • kartu peserta BPJS+ fotokopi
  • kartu keluarga+ fotokopi
  • surat pengalaman kerja atau paklaring+ fotokopi
  • matera 6000 +map warna merah

Sesampainya di bank saya langsung tanya ke bapak scurity apakah benar di sini bisa mencairkan dana Jamsostek?
Alhamdulillah jawabannya ternyata bisa,dan sayapun di berikan nomor antrian khusus di meja customer service hingga akhirnya proses pengajuan pencairan BPJS ketenagakerjaan lewat bank BJB ini selesai.
Nah ada beberapa pertanyaan dari teman saya yang lain yang juga ingin mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan seperti:
1.Di mana alamat kantor cabang bank bjb yang bisa mencairkan bpjs?
Pada dasarnya semua cabang bank BJB harusnya sudah bisa untuk melakukan pencairan dana BPJS ketenagakerjaan,karena pihak Bank BJB    
Sudah bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan.namun untuk memastikanya kita harus mendatangi kantor cabang bank BJB terdekat untuk meyakinkannya.karena terkadang beda pemimpinnya beda juga kebijaksanaanya.

2.Berapa lama pencairan bpjs di bank bjb?
Setelah melakukan pencairan di Bank biasanya berkisar antara 5 sampai dua Minggu,mungkin tergantung dari jumlah kartu KPJ dan jumlah saldo yang kita miliki,karena waktu itu saya hanya mencairkan 1 kartu saja dan jumlahnya pun tidak banyak,dalam waktu 4 hari semenjak pengajuan di bank,uang sudah masuk ke rekening.
Kata si mbak pegawai bank yang cantik,jika dalam 2 Minggu masih belum cair,kita di minta untuk menghubungi nomor yang di berikan oleh pegawai bank tersebut,

3.Selain Bank BJB,daftar bank apa saja yang bekerjasama dengan bpjs ketenagakerjaan? 
Dari hasil tanya jawab dengan admin halaman Facebook BPJS ketenagakerjaan,berikut daftar Bank yang bisa digunakan untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan.


  • BANK BRI
  • BANK BNI
  • BANK MANDIRI
  • BANK BCA
  • BANK BTN
  • KANTOR POS INDONESIA


4.Bagaimana cara mencairkan bpjs di bank bri?
5.Bagaimana cara mencairkan bpjs di bank mandiri?
6.Bagaimana cara mencairkan bpjs di bank BCA?
7.Bagaimana cara mencairkan bpjs di bank Mandiri?
8.Bagaimana cara mencairkan bpjs di bank BTN?
Untuk pertanyaan lain seperti di atas saya kira jawabannya hampir sama dengan cara mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan di bank BJB.
Kesimpulan:
Di manapun tempat Anda mencairkan BPJS ketenagakerjaan,Yang terpenting adalah kelengkapan dan kecocokan berkas yang Anda miliki agar nantinya proses pencairan berjalan dengan cepat.

Begitulah kira-kira pengalaman admin ketika mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan,sengaja admin posting di sini siapa tahu bisa menjadi referensi untuk teman teman lainnya yang juga akan mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan.Selamat mencoba.

0 Response to "√ CARA MENCAIRKAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN DI BANK BJB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel