-->

√ Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU

Bagaimana cara mudah cek saldo BPJS ketenagakerjaan?
Pertanyaan seperti masih banyak ditanyakan oleh teman-teman yang masih aktif bekerja dan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan,di karenakan rasa penasaran yang tinggi karena setiap bulan gaji mereka terpotong langsung oleh pihak BPJS ketenagakerjaan.
 Namunsebelum menjawab lebih jauh,ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang BPJS ketenagakerjaan.

BPJS ketenagakerjaan
buruh Pekerja
Di lansir dari situs Wikipedia.com,BPJS Ketenagakerjaan adalah program publik yang melindungi pekerja untuk membantu mereka mengatasi risiko sosial-ekonomi tertentu dan menerapkannya dengan bantuan mekanisme asuransi sosial.
Sebagai lembaga negara yang aktif di bidang asuransi sosial, BPJS Ketenagakerjaan, sebelumnya PT Jamsostek (Persero), adalah pelaksana hukum sosial yang berkaitan dengan asuransi kerja.
Pekerjaan BPJS sebelumnya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), yang dikelola oleh PT. Jamsostek (Persero), tetapi sesuai dengan UU No. 24 tahun 2011 tentang BPJS, PT. Jamsostek telah berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan sejak 1 Januari 2014.
BPJS Kesehatan, sebelumnya Askes di BPJS Ketenagakerjaan, adalah program pemerintah dari Unit Asuransi Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada 31 Desember 2013. BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada 1 Januari 2014, sementara BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi pada 1 Juli 2015.
Ada banyak cara untuk mengetahui saldo BPJS ketenagakerjaan yang di sediakan oleh pihak BPJS itu sendiri.
Layanan yang paling populer adalah dengan cara cek saldo Jamsostek menggunakan SMS,sayangnya Layanan ini kini sudah mulai sulit untuk digunakan,bahkan beberapa kali kami mencoba untuk CEK saldo tetap saja tidak mendapatkan balasan apapun.
Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan menggunakan SMS,Silahkan ikuti petunjuk di bawah ini:
Pertama,Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menggunakan layanan SMS ini dengan cara kirim pesan berformat: DAFTAR  SALDO Nomor KTPTanggal Lahir (DD-MM-YYYY) No Peserta Email (kalau ada). Kemudian kirim ke 2725
Jika berhasil maka kita akan mendapatkan SMS balasan dari 2725 dan langsung bisa untuk melakukan cek saldo.

Silahkan Masuk ke menu SMS, buat pesan baru.
Ketik SALDO[spasi]Nomor Peserta. Kirim ke 2757. Nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah 12 digit nomor yang tertera pada kartu BPJS kamu atau yang diberikan saat pendaftaran.
Contoh: SALDO 1602770807060. Kirim SMS ke 2757.
Kamu akan dikenakan tarif SMS sebesar Rp165 untuk setiap SMS yang dikirim. Balas dengan “OK” apabila setuju.
Tunggu beberapa detik, kemudian kamu akan menerima balasan otomatis dari operator yang berisi informasi total saldo BPJS Ketenagakerjaan milikmu.
Info:Saat ini layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS baru berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat, dan XL.

Namun jika sudah melakukan cara seperti di atas tetapi belum mendapatkan balasan apapun,kamu bisa menggunakan alternatif yang lebih mudah yaitu dengan bantuan aplikasi BPJSTKU yang bisa Anda download di Google play store.
Berikut adalah cara mudah cek saldo BPJS ketenagakerjaan menggunakan aplikasi BPJSTKU:
Oh iya, jika sebelumnya Anda sudah pernah membuat akun BPJS ketenagakerjaan baik melalui browser di smartphone maupun di komputer (laptop), atau dulu sudah daftar akun menggunakan aplikasi BPJSTK MOBILE, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi BPJSTKU Dan Tidak perlu registrasi lagi. Karena itu artinya kita sudah memiliki akun. Tinggal Log In menggunakan email dan PIN yang waktu itu digunakan untuk mendaftar.
Jika Anda belum pernah melakukan registrasi akun silahkan baca artikel cara mendaftar akun BPJS ketenagakerjaan lewat apakah BPJSTKU terlebih dahulu.
Jika sudah,kini kita masuk ke pokok pembahasan utama tentang cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU.
Download dan install terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU di Google play store.
Aplikasi BPJSTKU di Google play store

Jika sudah buka aplikasi BPJSTKU,kemudian klik Log-in.
 MasukanEmail dan password  atau PIN jika Anda mendaftar pernah mendaftar akun BPJS ketenagakerjaan sebelumnya.

Setelah masuk silahkan pilih dan klik <lihat saldo> maka saldo Anda akan terlihat beserta nama perusahaan tempat Anda bekerja.
tampilan jumlah saldo BPJS ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU
Selain bisa untuk melihat saldo,aplikasi BPJSTKU juga bisa digunakan untuk mengecek masa aktif BPJS ketenagakerjaan,
Berikut cara cek masa aktif BPJS ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU. Masihdi menu utama aplikasi BPJSTKU,cari dan pilh kartu digital maka nanti akan terbuka gambar kartu KPJ milik Anda beserta saldo,masa aktif dan lain sebagainya.
Tampilan masa aktif dan kartu KPJ

Gimana,cukup mudah bukan?


Kesimpulan:Dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU ini Anda bisa setiap saat melakukan pengecekan saldo BPJS kesehatan dan juga mendapatkannya berita terbaru yang berhubungan dengan BPJS ketenagakerjaan.
Demikianlah artikel tentang cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan menggunakan aplikasi BPJSTKU,semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua,salam.

0 Response to "√ Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel