-->

√ Cara terbaru mengetahui kartu BPJS ketenagakerjaan yang hilang

Masalah terkait kehilangan kartu BPJS dan lupa nomor KPJ alias lupa ternyata sering dikeluhkan oleh sebagian besar peserta Jamsostek atau BPJSTK, sehingga mereka kesulitan membuat pencairan dana JHT baik 10%, 30% atau 100%, karena syarat utama untuk pencairan selain file yang valid harus menyertakan BPJSTK / kartu jaminan sosial/jamsostek.


dimanakah letak nomor kartu bpjs ketenagakerjaan?

Ada sedikit perbedaan nomer referensi antara kartu Jamsostek dan kartu BPJS ketenagakerjaan.Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Badan Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK) yang kita kenal saat ini ini dulunya bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

 Jadi untuk peserta lama sewaktu lembaga tersebut masih bernama Jamsostek, kartunya masih bernama KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). 

nomor kartu Jamsostek

Contoh kartu Jamsostek

Sementara peserta-peserta yang saat ini kartunya telah berupa kartu BPJS TK dengan logo yang baru.

Contoh kartu BPJS ketenagakerjaan

Contoh kartu BPJS ketenagakerjaan



Karena banyaknya keluhan dari peserta BPJSTK / Jamsostek yang kartunya hilang dan lupa nomor KPJ, dalam artikel ini saya ingin memberikan informasi tentang cara mengetahui kartu KJP yang hilang.

 Cara mengetahui nomor KPJ yang hilang (BPJS TK / Jamsostek
)


Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor KPJ dari kartu Jaminan Sosial atau kartu BPJSTK, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1.cara mengetahui nomor kartu bpjs yang hilang


Mendatangi HRD Perusahaan
Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui nomor KPJ yang hilang adalah dengan menghubungi HRD Perusahaan, HRD adalah pihak yang paling tahu tentang data BPJSTK peserta.

Sayangnya kadang-kadang menghubungi HRD bukan merupakan solusi, karena ada HRD yang tidak bertanggung jawab dan enggan memberikan nomor KPJ mereka, banyak yang bahkan menggambarkan alasan konvolusi sehingga nomor kartu tidak diketahui.

2.Cek nomor bpjs ketenagakerjaan dengan nik ktp


Hubungi kantor Cabang BPJSTK terdekat
Alternatif kedua Anda dapat mencoba mencari tahu nomor KPJ atau nomor kartu BPJSTK yang hilang adalah dengan mengunjungi kantor cabang BPJSTK.

Untuk mendapatkan nomor kartu BPJSTK, Anda perlu menyiapkan persyaratan berikut:
KTP
KK
Nama ibu kandung
data biografi pribadi
Jika perusahaan Anda mendaftarkan Anda sebagai peserta BPJS, dan data yang Anda berikan sesuai, maka petugas akan dapat melacak nomor KPJ Anda.

Namun dalam beberapa kasus, meskipun mereka datang ke kantor cabang bpjstk untuk mendapatkan informasi tentang nomor KPJ, kadang-kadang petugas bpkstk karena suatu alasan enggan untuk memberi tahu nomor kpj peserta.

3.Cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan online

Beberapa kasus yang secara tidak sengaja saya baca di Google,metode ini cukup berhasil dan nomor KPJ peserta akhirnya diketahui.

Tulis surat pengaduan di situs web Lapor.go.id


Situs laporan ini adalah situs resmi yang disediakan oleh pemerintah sebagai media untuk pengaduan publik secara online, bagi Anda yang kebetulan ingin mendapatkan informasi tentang nomor KPJ BPJSTK / Jaminan Sosial, Anda dapat mencoba alternatif ini:

Silakan akses situs web Lapor.go.id, lalu silakan mendaftar, setelah itu tulis pesan keluhan, jelaskan sebanyak mungkin masalah Anda dan hal-hal apa yang telah Anda coba sebelumnya untuk mendapatkan informasi nomor KPJ.

Jangan lupa untuk memberikan identitas Anda, seperti NIK KTP / KK, Tempat Tanggal Lahir, Alamat, email, Nama ibu kandung, Nama perusahaan terakhir yang mengeluarkan kartu BPJSTK Anda yang hilang.

Pesan keluhan Anda akan diteruskan ke BPJSTK, tunggu dan selalu crosscek akun Anda di situs itu, jika data yang Anda berikan valid, mereka akan memberikan informasi nomor KPJ Anda yang hilang.


Jika Nomor KPJ sudah diketahui, maka Anda dapat membuat surat kehilangan dari kepolisian setempat.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui nomor KPJ Jamsostek / BPJSTK yang kartunya hilang, semoga ada manfaatnya.

0 Response to "√ Cara terbaru mengetahui kartu BPJS ketenagakerjaan yang hilang "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel